Akibat Manusia Suka Buang Sampah Sembarangan, 5 Hewan Ini Terpaksa Harus Makan Plastik

Bagi manusia, adanya bahaya sampah plastik apalagi sampah – sampah plastik banyak menumpuk di tempat – tempat yang bukan seharusnya kini hanya baru sebatas membuat tidak nyaman.

Mungkin sebagian manusia di dunia ini sudah menyadari bahwa kita sedang gawat darurat sampah plastik. Sebagian dari mereka juga ada yang setuju untuk mengurangi pengguaan plastik, namun sebagian lagi merasa sudah nyaman dengan plastik karena dirasa lebih praktis dan juga mudah. 

Padahal jika mau lihat seberapa daruratnya sampah, lihat saja 3 potret hewan di bawah ini. Bukan lagi soal nyaman atau tidak nyaman atau bau tidak sedap yang mengganggu, tapi justru darurat sampah yang sudah mengancam ekosistem dan juga hidup mereka.

  1. Sekelompok Gajah di Srilangka sakit karena terbiasa makan sampah yang ada di sekitar cagar alam. Tidak bisa cari makan lagi ke hutan, dan hanya menunggu truk sampah yang lewat.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli gajah bernama Jayantha Jayewardhene. Dan penelitiannya pun mengejutkan. Karena hasilnya adalah diperkirakan ada sekitar 7500 gajah di Srilanka yang sudah terbiasa memakan makanan sisa yang mereka dapat dari tumpukan sampah. Hal ini terjadi karena banyak yang secara ilegal membuang sampah sembarangan di dekat areal cagar alam sehingga mengundang perhatian kawanan gajah dan dijadikannyalah makanan.

  • Banyaknya sampah di lautan, membuat ikan – ikan di sana menganggap itu adalah makanan. Dan tentu memakannya.

Bukan berita baru lagi jika banyak sampah plastik di lautan. Berbagai macam bentuk sampah  plastik banyak yang mengambang di laut lepas. Yang diketahui ada ratusan tong sampah mengambang di laut adalah di samudera pasifik.

Bahayanya ini jelas merusak ekosistem laut dan ketika sampah ini dimakan ikan, dan ikan ini dimakan manusia, jelas nanti akan sangat membahayakan kesehatan manusia.

  • Tidak cuma ikan saja, burung camar juga tidak bisa membedakan mana makanan dan mana sampah

Hewan laut sudah, hewan darat sudah, kini hewan udara juga pasti kena dampaknya. Salah satunya adalah burung camar yang biasa mencari makan ke laut dengan cara memangsanya dari udara. Dan jelas, sampah – sampah yang mengambang di laut pun dikira makanan, karena baunya yang tersamarkan oleh air laut.

Nah itu lah beberapa akibat dari sampah yang dibuang secara sembarangan alias tidak pada tempatnya seperti tong sampah stainless oleh manusia.

Back to Top