INI ADALAH 6 UNSUR KONSTRUKSI GAZEBO

Gazebo adalah bangunan semi permanen yang digunakan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati alam bebas atau mengobrol dengan keluarga. Untuk membuatnya juga harus dilakukan dengan hati-hati. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu elemen-elemen konstruksi gazebo.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa gazebo kayu hanya bisa dibangun di rumah yang memiliki halaman luas. Namun kecurigaan itu tidak sepenuhnya benar. Konstruksi ini juga bisa dibuat di tanah kecil. Tapi tentu saja perlu perencanaan yang tepat dan hati-hati.

Selain itu, hal-hal yang perlu dicermati adalah elemen konstruksi gazebo. Berikut ini adalah beberapa elemen dalam pembangunan gazebo yang perlu diketahui.

Atap

Sama seperti konstruksi lainnya, atap gazebo juga berfungsi sebagai pelindung ruang dari sinar matahari dan air hujan. Ada berbagai jenis atap yang bisa dipilih seperti piramida, joglo, flat, dan kusen. Setiap jenis memiliki sistem kerangka monolitik. Rangka berfungsi untuk menahan penutup atap, air hujan, dan gerakan angin.

Bahan yang bisa digunakan untuk penutup atap bisa berupa ubin tanah liat, cor beton, alang-alang, sagu, dan logam. Bahan logam dapat digunakan jika konsep gazebo mengusung desain modern.

Tiang

Ada tiga jenis tiang konstruksi termasuk batang pohon kelapa, coran beton, baja, bambu, dan balok kayu (damar laut, kayu besi dan besi). Bambu sering digunakan sebagai tiang, tetapi membutuhkan perawatan khusus karena sifat berongga batang bambu. Ukuran tiang juga harus disesuaikan dengan beban atap.

Tiang ini memiliki diameter bulat dengan minimal 20-30 cm. Pilar dengan balok kayu harus 15x15cm, 20x25cm atau 15x30cm. Untuk ketinggian, tinggi tiang dapat berkisar antara 2-3m dan dihitung dari tanah ke langit-langit atas.

Langkan

Ini adalah salah satu elemen pelengkap gazebo yang bertindak seperti pagar rumah. Langkan adalah pembagi antara halaman dan gazebo. Jenis bahan yang digunakan meliputi bambu, kayu besi, dan kombinasi.

Elemen harus ringan agar tidak membebani struktur dan membuat penampilan terlihat berat. Ketinggian langkan berkisar 40-70cm dan melekat pada tiang. Lampiran dapat menggunakan dinabolt, tali dan sekrup telapak tangan.

Lantai

Lantai memiliki kegunaan sebagai dasar untuk kegiatan. Lantainya memiliki dua bentuk. Yang pertama adalah bentuk datar dengan permukaan tanah. Bahan pelapis dapat berupa semen, keramik atau plester batu alam. Lalu yang kedua adalah lantai panggung dengan ketinggian di atas 30-50cm dari tanah.

Lantai terbuat dari bilah bambu, papan dan tuang beton. Lantai harus mampu menahan beban, perabot, orang, dan aksesori di atasnya.

Tangga

Tangga adalah gazebo penghubung dengan ruang luar. Bahannya bisa menggunakan susunan batu bata yang diplester dengan semen dan dilapisi dengan batu alam. Tentu saja tangga digunakan di gazebo yang menggunakan lantai panggung.

Jembatan

Elemen konstruksi gazebo dapat digunakan jika gazebo menggunakan kolam di bawahnya. Jembatan itu adalah jalan penghubung antara gazebo dan area daratan. Bahan jembatan dapat dibuat dari kayu, beton, dan kombinasi.

terimakasih telah membaca artikel ini, untuk membaca artikel lainya silahkan kunjungi Ukirjepara,com yang menyediakan berbagai produk dan artikel tentang Gebyok jati dan produk lainya.

Back to Top