Semakin Sehat Dengan Gaya Hidup Minimalis

Gaya Hidup Minimalis

Gaya Hidup Minimalis – Ketika lahan tempat tinggal menjadi terbatas, ruang gerak menjadi sempit, dan manusia merasa sesak, maka gaya hidup minimalis menjadi satu pilihan. Prinsip hidup minimalis artinya Anda hanya akan menyimpan dan memiliki barang, perabot yang benar-benar Anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika pekerja kantoran, Anda hanya membutuhkan 5 pakaian kerja, beberapa pakaian ganti di rumah, maka sejumlah itulah yang Anda simpan di almari. Jika Anda keluarga kecil, mungkin setengah lusin piranti makan sudah memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Gaya hidup ini melawan pola konsumtif manusia. Namun semakin banyak orang yang mempraktekkannya, karena banyak manfaatnya. Tak hanya membuat rumah menjadi lebih lega, tapi juga menghemat uang maupun tenaga yang dikeluarkan untuk mengatur dan merawat barang. Banyak orang merasa hidup mereka menjadi lebih bebas, tak terikat hal duniawi dengan mempraktekkan gaya hidup minimalis.

Mereka menjadi lebih berbahagia. Untuk mulai mempraktekkan gaya hidup ini, Anda harus menyingkirkan timbunan barang di dalam rumah, maka lakukan langkah berikut :

  • Buatlah daftar barang yang menimbun di rumah, dimulai dari kamar, ruang tamu, hingga ke dapur. Misalnya, pakaian, sepatu, tas, kertas dan alat tulis, barang elektronik, alat dapur, majalah dan buku, dan seterusnya.
  • Buang barang -sesuai daftar- yang sudah rusak dan tak diperlukan. Misalnya bon pembelian, majalah yang rusak, pakaian yang berlubang, teve dan radio rusak, dan lainnya.
  • Jika langkah kedua sudah Anda lakukan tapi barang asih menimbun, maka pilah barang yang paling Anda sukai dan yang paling Anda perlukan, lalu sisanya dapat Anda jual atau sumbangkan.
  • Jika langkah ketiga sudah Anda lakukan namun merasa masih banyak barang yang harus disimpan, maka pilah barang berdasar umur. Barang lama dapat Anda jual atau sumbangkan.

Ketika Anda sudah menetapkan barang apa saja yang mesti disimpan dan dimiliki, maka terapkan langkah berikut :

  • Jangan malas merawat sedikit barang yang Anda simpan agar tahan lama.
  • Ketika membeli barang baru maka harus ada barang lama yang disingkirkan.
  • Belilah barang yang berkualitas tinggi sehingga tahan lama dan enak dipakai. Jangan membeli barang yang sama fungsinya.

Sediakan Genset Kecil di Rumah

Rumah menjadi tempat yang paling nyaman untuk melepas lelah dan mengembalikan semua tenaga setelah lelah berakitivat selama satu hari. Maka penting sekali membuat rumah menjadi sangat nyaman saat digunakan bersantai. Agar hal tersebut dapat terwujud, sediakan genset kecil di rumah yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan. Jangan remehkan masalah ini, sebab di negara kita masih terjadi pemadaman listrik yang dapat menganggu waktu kita saat bersantai-santai dirumah. Jika dirumah ada genset kecil, jangan risau lagi dengan listrik padam yang dapat terjadi kapan saja.

Sekarang ini harga genset kecil di palembang kapasitas 900 watt sampai dengan 3000 watt belum ada kenaikan, sehingga saat ini masuk waktu yang tepat bagi anda untuk membeli genset bensin guna melindungi rumah dari pemadaman listrik.

Gaya hidup ini dapat diterapkan dalam pengaturan file dan dokumen di laptop dan harddisk Anda, dalam pola belanja makanan Anda, dan dalam cara Anda melakukan perjalanan.

Back to Top