Peluang Usaha Rumahan Budidaya Lele Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Lele Yang Menguntungkan – Seperti yang bisa Anda lihat bahwa saat ini peluang usaha di bidang perikanann mulai banyak diminati di kalangan masyarakat luas. Hal ini dikarenakan usaha di bidang perikanan memang memiliki peluang yang masih sangat terbuka lebar pasalnya kini sebagian masyarakat Indonesia mulai banyak yang mengkonsumsi ikan sebagai salah satu sumber ptotein hewani yang sehat. Saat ini ada berbagai macam ikan yang umum untuk dibudidayakan secara intensif, salah satunya adalah lele.

Lele merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang sangat populer di Indonesia, ikan yang satu ini juga sangat mudah Anda peroleh mulai di pasar tradisional hingga di supermarket. Ikan lele sendiri memiliki nilai gizi yang sangat baik dan juga memiliki rasa yang lezat sehingga sering diolah menjadi berbagai macam masakan. Tingginya permintaan terhadap ikan lele bisa menjadi peluang emas bagi Anda untuk memulai usaha budidaya ikan lele, jika Anda tertarik untuk melakukan usaha budidaya ikan lele maka simaklah ulasannya berikut ini.

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Lele Yang Menguntungkan

Berikut proses singkat pembudidayaan Lele ala Muamala Media:

1. Menyiapkan Kolam

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memulai budidaya lele tentu saja menyiapkan kolam, keunggulan dari budidaya ikan lele ini adalah bisa Anda lakukan di lahan yang sempit. Anda bisa melakukan budidaya lele di dua jenis kolam yakni kolam permanen dan juga kolam terpal, apabila Anda memiliki modal yang terbatas maka Anda bisa menggunakan kolam terpal karena biayanya lebih murah.

2. Memilih Bibit Ikan Lele

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk budidaya ikan lele adalah dengan memilih bibit yang akan Anda budidaya, sebaiknya Anda memilih bibit ikan lele yang sehat agar tidak banyak yang mati pada saat proses pemeliharaan. Untuk memilih bibit lele yang sehat maka Anda harus mengetahui beberapa cirinya yakni memiliki gerakan yang lincah, tidak memiliki luka di tubuhnya, serta ukuran bibit yang seragam.

3. Pemeliharaan Ikan Lele

Pemeliharaan lele menjadi hal ketiga yang harus Anda lakukan, sebenarnya proses pemeliharaan dalam budidaya ikan lele tergolong mudah dan tidak sesulit pemeliharaan jenis ikan lainnya. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam proses pemeliharaan ikan lele antara lain kualitas air dan juga keseragaman ukuran ikan lele, segera pisahkan ikan yang ukurannya lebih kecil untuk menghindari kanibalisme.

4. Pemberian Pakan

Di dalam melakukan usaha budidaya ikan lele, tentu saja Anda harus memberi makan ikan tersebut. Pakan sendiri merupakan hal yang paling penting dalam keberhasilan usaha budidaya lele yang Anda lakukan, pakan utama yang diberikan dalam proses pembesaran adalah pelet. Gunakanlah pelet dengan kandungan protein yang tinggi agar ikan lele yang dibudidayakan menjadi cepat besar.

5. Pemanenan Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan pertumbuhan yang cepat, pada umumnya proses pemanenan ikan lele bisa Anda lakukan setelah usia ikan lele mencapai 90 hari atau 3 bulan sejak penebaran benih. Pada usia ini Anda akan mendapati ikan lele dengan ukuran 5 hingga 10 ekor dalam setiap kilogramnya, Anda bisa menyurutkan air kolam untuk mempermudah proses panen.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti usaha budidaya ikan lele maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang telah diulas di atas.

Back to Top