Permasalahan yang Sering Terjadi pada Jendela

Permasalahan yang Sering Terjadi pada Jendela

Jendela memiliki peran penting di dalam sebuah rumah. Ia tidak hanya berfungsi sebagai tempat memasukkan cahaya, tetapi juga sebagai tempat pertukaran udara. Ya, tanpa jendela, rumah dipastikan tidak nyaman karena ruangan akan selalu gelap, lembap, dan pengap. Di sisi lain, desain jendela yang baik juga akan mempercantik tampilan rumah.

Tak heran, jika banyak orang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam memilih material dan desain untuk jendela. Walau kadang, ada banyak orang yang tidak bisa memilih material dan desain jendela karena mereka membeli rumah dalam bentuk jadi. Bagi Anda yang membeli rumah jadi dari pengembang, masalah pada jendela kadang lebih sering terjadi. Seperti, jendela dari kayu mudah keropos, lapuk, atau melengkung. Ini dia beberapa masalah yang sering ditemui berkaitan dengan jendela beserta solusinya.

Jendela di rumah saya sudah rusak parah dan saya ingin menggantinya dari kayu ke aluminium. Hanya, saya masih ragu menggunakan aluminium, katanya banyak kelemahannya. Minta pendapatnya!

Jika dibandingkan material kayu, lebih disarankan menggunakan aluminium. Karena, aluminium dibuat secara pabrikasi, jadinya lebih terjamin dari sisi kualitas, mutu, dan kekuatan. Selain itu, kini, kualitas kayu susah dipertanggungjawabkan mutunya karena kebanyakan kayu yang ada di pasaran sudah dipanen sebelum cukup umur.

Jika dibanding kayu, variasi bentuk desain untuk aluminium masih terbatas. Aluminium hanya cocok diaplikasi untuk rumah bergaya modern dan klasik Eropa. Pemasangannya juga harus diperhatikan karena menggunakan sistem sekrup. Teknik ini mengandalkan kekuatan sekrup yang dibor dan ditanam di kusen hingga menembus tembok.

Ini harus dilakukan oleh tukang profesional karena jika terjadi kesalahan maka dapat berakibat fatal, seperti jendela bisa mudah lepas dan membahayakan penghuni rumah atau terjadi kebocoran saat musim hujan. Anda juga tidak diperkenankan membeli kusen aluminium yang bermutu rendah, karena dapat mudah memuai saat terjadi perubahan suhu drastis sehingga kaca yang dibingkai dapat mudah lepas. Selain itu, kusen aluminium bermutu rendah juga rentan karat.

Selain permasalahan pada jendela tentunya di rumah juga sering ada masalah ketika listrik dari PLN padam. untuk itu perlu adanya sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif. Harga genset yang murah bisa didapatkan pada distributor jual genset silent 2000 kva Jakarta. karena disana selalu memberikan harga diskon untuk setiap pembelian unit baru.

Back to Top