Mengasah Kecintaan Pada Musik

Mengasah Kecintaan Pada Musik

pascal-edu.com – Tak perlu minder saat Mama Papa (merasa) bersuara sumbang karena menurut Nadya Pramudita, M, Psi, setiap orangtua dapat mengasah kepekaan buah hatinya pada musik. “Yang terpenting beri anak fasilitas,” jelas Nadya. Fasilitas tak hanya terbatas pada alat musik namun juga pengondisian suasana musikal di rumah.

Setelkan CD lagu untuk anak saat ia bermain, biarkan ia tenggelam menikmatinya sambil bernyanyi dan menari. Seberapa besar Mama Papa menunjukkan pentingnya musik dalam kehidupan, anak akan melihat dan mempelajari dengan sendirinya. Jadi, lanjut Nadya, bila Anda ingin si kecil akrab dengan musik, tak perlu ragu untuk berdendang bersama anak atau mainkan alat musik, seberapa pun keterampilan yang Anda miliki.

BELAJAR MENGATUR EMOSI

Melalui aktivitas bermusik, si batita dapat belajar nilainilai sosial, mengenali emosi, sekaligus mengatur emosinya dengan lebih baik. Ketika mendengarkan musik klasik, alunan nadanya yang tenang dan teratur akan membuat si batita belajar mengatur napas untuk mengikuti ritme musik tersebut. Karena itulah, pada saat anak marah, coba perdengarkan ia musik klasik. Desah napasnya yang memburu akan menurun perlahan dan kemarahannya pun berkurang.

“Anak-anak batita yang mengikuti kelas musik umumnya diajarkan cara menenangkan diri seperti ini. Helaan napasnya akan dilatih untuk mengikuti ritme musik,” jelas Nadya. Mengenai berbagai penelitian yang menunjukkan musik berguna bagi kecerdasan anak, Nadya sepakat dengan itu. Menurutnya, musik akan meningkatkan berbagai kemampuan anak, termasuk dalam hal berbahasa serta berhitung.

Lirik dalam lagu yang dinyanyikan anak akan menambah kosakata yang dimilikinya, umpamanya. Anak pun dapat belajar berhitung dengan lagu, seperti “satu ditambah satu” dan sebagainya. Si kecil juga belajar pola dan urutan dari melodi serta lirik lagu. “Yang perlu diketahui, musik tidak secara langsung dapat meningkatkan kecerdasan anak, tetapi musik dapat membantu anak memaksimalkan kerja otaknya.”

KURSUS MUSIK

Apakah perlu si batita dimasukkan kursus musik? Beberapa tempat les musik memang membuka children class. Di Jepang, misalnya, ada baby class music.

Back to Top