Mengasah Kecintaan Pada Musik Bagian 2

Mengasah Kecintaan Pada Musik Bagian 2

sat-jakarta.com – Di kelas ini bayi/batita akan ditemani ibunya untuk belajar mendengar aneka bunyi dan genre music. Tujuannya untuk mendapatkan pengalaman bermusik dan membangun relasi dengan musik. “Jadi, belajar musik untuk anak-anak batita bukan untuk belajar instrumen musik, tapi lebih pada mengenal irama, melodi, dan berbagai alat musik,” kata Nadya.

Nantinya, ketika anak berusia 3 tahun dapat diikutsertakan pada pelajaran musik yang lebih “serius”. Namun tujuan utamanya tetap belajar musik secara umum, yaitu mengidenti­ kasi irama musik, mengenal melodi, dan membedakan alat musik satu dengan alat musik lainnya. Bukan untuk mahir suatu alat musik tertentu. Pelajaran musik formal atau privat untuk anak batita sebaiknya tidak lebih dari setengah jam selama seminggu sekali.

Durasi ini bervariasi bergantung pada kemampuan anak dalam berkonsentrasi. Untuk hal ini, tentu sebaiknya dibicarakan dengan guru musik. Sementara pelajaran musik berkelompok dapat dilakukan dengan durasi 1 jam, ini bisa dilakukan bagi anak usia 3 tahunan. Biasanya kegiatan dan suasananya lebih santai.

Satu hal lagi, perkenalkan si kecil dengan berbagai alat musik. Ketimbang hanya memperdengarkan CD yang mengalunkan alat musik gesek pada batita, biarkan ia menikmati CD klasik orkestra yang mencakup berbagai jenis alat musik. Para ahli sepakat memperdengarkan musik yang kaya melodi (ketimbang musik yang monoton), akan membuatnya kelak lebih akrab dan mengapresiasi musik. Nah, selamat mencoba!

Alat Musik Yang Cocok Sesuai Usia Anak

• Si 1 tahun: Coba alat musik yang bisa dimainkan dengan sederhana. Contoh, piano atau gitar mainan. Mainan itu dilengkapi beberapa tombol yang bisa memutarkan suatu lagu singkat atau tombol-tombolnya dapat mengeluarkan nada berbeda. Selain menghibur si kecil, cara ini dapat mengenalkannya pada nadanada sederhana.

• Si 2 tahun: Bisa diberikan alat musik, dengan kompleksitas yang lebih tinggi. Glockenspiel atau Xylophone 1 oktaf yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat.

• Si 3 tahun: Organ atau piano kecil, yang dimainkan dengan memencet, karena motorik halusnya sudah lebih berkembang.

Back to Top