Ketika Pesona Motif Batik “Menjerat” Material

Ketika Pesona Motif Batik “Menjerat” Material

Siapa yang tak kenal batik. Keindahan motif, warna, serta fi losofi di baliknya, membuat banyak orang mengagumi kain khas asli Indonesia ini. Bahkan, untuk mengukuhkan batik sebagai warisan budaya Indonesia, setiap tanggal 2 Oktober, masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Di hari itu juga, hampir semua instansi pemerintah, swasta, atau masyarakat umum, mengenakan baju batik untuk menunjukkan rasa bangga terhadap warisan budaya Indonesia ini.

Tapi kini, keindahan batik tidak hanya bisa dinikmati lewat selembar kain saja. Batik bisa Anda nikmati di lantai maupun dinding rumah. Adalah PT Asri Pancawarna dan PT Venus Ceramica International, produsen bahan bangunan yang memperkenalkan varian material terbaru bertajuk batik. PT Asri Pancawarna (produsen bahan bangunan merek Indogress) mengeluarkan ubin granit bertema Etnika Series, sementara PT Venus Ceramica International (produsen bahan bangunan merek Venus) mengeluarkan keramik bertema Batik Series.

BATIK YANG MENGINSPIRATIF

Granite tile bertema Etnika Series dirancang oleh desainer ternama, yaitu Moses Adya Saputro. Moses, begitu ia akrab disapa, menaungi merek Batik Nyonya Indo yang sudah menjadi langganan merancang baju batik untuk dikenakan kontestan pada ajang pemilihan ratu kecantikan. Kali ini Moses menuangkan rancangannya pada media selain kain, yaitu granite tile. Rancangan Moses inilah yang kemudian dipasarkan sebagai rangkaian Etnika Series dari Indogress.

Terdapat dua motif yang hadir pada Etnika Series, yaitu motif Patola dan Wora Wari. Motif Patola hadir dengan kombinasi antara warna coklat dan kuning yang sangat lekat sebagai warna khas batik. Sedangkan motif Wora-Wari hadir dengan kombinasi warna merah dan biru kehijauan. Sementara, PT Venus Ceramica International mengeluarkan 6 motif batik yang telah dijual di pasaran. Batik-batik ini mengambil motif tradisoional dari Solo dan Jogjakarta.

BISA DI MANA SAJA

Baik Etnika Series maupun Batik Series, semuanya bisa diaplikasikan di lantai atau di dinding. Lokasinya bisa diletakkan di eksterior maupun interior. Meski penuh dengan motif, Anda tidak perlu khawatir, karena motif batik ini tidak mudah luntur dan tidak cepat rusak karena gangguan cuaca.

Walau beda produsen, keduanya dicetak dengan teknologi digital dan menggunakan bahan baku utama clay dan pasir kuarsa yang di-press dengan tekanan tinggi dan dibakar pada suhu > 1200°C sehingga memiliki spesifi kasi lebih tinggi dari keramik biasa. Untuk ubin granit Etnika hanya tersedia dalam ukuran 60cm x 60cm, maka lebih cocok jika ubin ini diaplikasikan pada ruangan yang luas. Sementara, Batik Series dari Venus terdiri dari 3 jenis, yaitu ukuran 20cm x 20cm, 30cm x 30cm, dan 40cm x 40cm. Tertarik mengaplikasi?

Rumah yang sudah indah dan cantik karena motif batik kurang lengkap jika belum ada sebuah genset. harga genset yang murah untuk rumah tangga bisa didapatkan dari distributor genset silent Balikpapan. Karena disana menyediakan harga genset yang bisa dinegosiasikan.

Back to Top