Demografi Memicu Lonjakan Pencari Kerja di Sukabumi

Demografi Memicu Lonjakan Pencari Kerja di Sukabumi

Banyaknya industri skala besar di Kabupaten Sukabumi menciptakan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi dipenuhi calon pencari kerja, lowongan kerja terbaru yang hendak membuat kartu kuning atau kartu pencari kerja.

Bahkan masing-masing tahunnya, Disnakertrans mengklaim angka pencari kerja terus bertambah. Rata-rata menggali lowongan kerja sebagai buruh pabrik.

Pengantar Kerja Ahli Pertama Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Elly Widianingsih mengatakan, penambahan pencari kerja masing-masing tahun dirangsang bonus demografi, atau lowongan kerja bumn sering ditafsirkan dengan besarnya warga usia produktif antara 15-64 tahun dalam sebuah negara.

“Kalau tidak salah bonus demografi tersebut sudah tampak sekarang. Padahal, bila tidak salah, prediksinya tersebut tahun 2020 atau 2025,” ungkap Elly untuk sukabumiupdate.com, Jumat (5/4/2019).

Elly menyebut, generasi milenial hari ini tidak sedikit yang mengincar sektor industri lantaran menyaksikan peluang yang lumayan menjanjikan. Apalagi menyaksikan banyaknya industri besar di Kabupaten Sukabumi yang menyerap tidak sedikit tenaga kerja.

“Pencari kerja yang datang ke Disnakertrans untuk menciptakan kartu kuning per hari menjangkau 60 orang saat sepi, dan 300 saat ramai,” pungkas Elly.

Back to Top