Menikmati Segarnya Air Alami di Umbul Ponggok

Menikmati Segarnya Air Alami di Umbul Ponggok

Salah satu objek wisata di sekitar Jogja yang sedang populer adalah Umbul Ponggok. Umbul ini merupakan sebuah mata air alami yang mana dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisata. Saat ini Umbul Ponggok telah dikelola secara profesional sehingga kawasan ini selalu ditata dirawat yang pada akhirnya menciptakan sebuah tempat wisata yang nyaman dan menyenangkan bagi para wisatawan yang datang ke lokasi ini.

Awalnya Umbul Ponggok hanya dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sumber air bersih dan juga untuk kegiatan mencuci. Namun setelah berkembangnya pariwisata di Jogja dan sekitarnya kawasan ini pun mulai dikembangkan sebagai objek wisata. Wisatawan yang datang pun pada awalnya hanya menghabiskan waktu dengan mandi atau berendam di umbul ini. Bagi para pencinta alam lokasi ini pun digunakan sebagai tempat latihan mereka untuk snorkling atau diving karena airnya yang sangat jernih.

Berawal dari hal tersebutlah tercetus ide untuk membuat sebuah kegiatan foto bawah air yang mana wisatawan bisa berfoto dengan berbagai macam objek di bawah air. Kegiatan tersebut pun membuat Umbul Ponggok semakin terkenal dan menjadi incaran para wisatawan yang adatang dari dalam dan luar Jogja. Jika tidak ingin berfoto, wisatawan bisa mandi bersama dengan ikan-ikan yang ada di dalam umbul ini.

Lokasi Umbul Ponggok:

Umbul Ponggok berlokasi di Kabupaten Klaten tepatnya di Jl. Raya Ponggok-Delanggu, Ds Ponggok, Kec Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jika mengunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Jogja diperlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke lokasi ini. Bagi Anda yang sedang menikmati paket wisata alam Jogja bisa datang ke objek wisata ini dengan memakai berbagai macam kendaraan dan jika membutuhkan bus bisa rental bus murah di Jogja.

Tiket dan Jam Buka Umbul Ponggok:

Objek wisata ini buka setiap hari mulai pagi hingga sore hari yaitu pukul 07:00 hingga 17:00 WIB. Untuk masuk ke kawasan ini pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp. 15.000 perorang. Untuk sewa masker atau snorkel Rp. 10.000 , sewa kaki katak dan pelampung Rp. 5000,-.

Tips wisata di Umbul Ponggok:

  1. Bawa baju ganti jika ingin berenang di lokasi ini.
  2. Bawa obat-obatan pribadi.
  3. Banyak warung di kawasan ini jangan khawatir jika membutuhkan air minum atau makanan.
  4. Jangan lupa mengabadikan setiap momen berharga di tempat ini.
  5. Jagalah kebersihan kawasan wisata.
Back to Top