Manfaat Serta Struktur Bangunan Rumah Klasik Adat Baileo

Manfaat Serta Struktur Bangunan Rumah Klasik Adat Baileo

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang Manfaat Serta Struktur Bangunan Rumah Klasik Adat Baileo. Selamat membaca dan semoa bermanfaat.

Manfaat Serta Struktur Bangunan Rumah Klasik Adat Baileo

Bentuk bangunan rumah adat Maluku ini berupa rumah panggung serta tidak berdinding, hal tersebut dikerjakan sebab penduduk setempat meyakini jika dengan tidak terdapatnya jendela jadi roh-roh nenek moyang dapat bebas untuk keluar masuk kerumah baileo.

Perihal yang terpenting yaitu dengan tidak terdapatnya jendela, agar pada saat tengah bermusyawarah penduduk yang tidak masuk dapat lihat di luar rumah.

rumah klasik

Rumah adat baileo mempunyai lantai balai yang tinggi yang mempunyai makna yakni agar roh-roh nenek moyang mempunyai tempat serta derajat yang tinggi dari tempat berdirinya masyarkat.

Pada rumah adat baileo ada beberapa ukiran-ukiran bergambar dua ekor ayam bertemu serta diapit oleh dua ekor anjingdisebelah kiri serta kananya. Tempat ukiran ini ada ujung pintu serta mempunyai makna dari simbol mengenai kedamaian serta kemakmuran dan akan mnguatkan konsep rumah klasik pada bangunan tersebut,

Ciri Khas Rumah Klasik Baileo

Tidak hanya mempunyai kekhasan dari strukturnya, rumah klasik adat baileo pun memiliki keunikan yang sekaligus juga dengan filosofi rumah adat Maluku ini. Salah satunya yakni :

Desain rumah yang tidak mempunyai dinding yang mempunyai arti keterbukaan penduduk Maluku pada semua perubahan. Lantai rumah dibikin tambah tinggi dari tanah, konon tuturnya supaya roh-roh nenek moyang bisa dikasih tempat dengan derajat yang tambah tinggi. Adanya ornamen berbentuk ukiran, ukiran itu mirip 2 ekor ayam yang dihimpit 2 ekor anjing yang ada dimulut jalan masuk rumah. Serta ada ukiran matahari, bulan serta bintang yang terdapat di atas rumah. Konon ukiran ini melambangkan keutuhan adat Maluku yang menambah kesan rumah klasik tampak menonojol pada bangunan tersebut. Rumah adat maluku mempunyai 9 tiang penyangga rumah di depan serta dibelakang, dan 5 buah tiang disamping kanan serta kiri rumah. jumlahnya tiang itu melambangkan persekutuan pada desa serta kelompok suku di maluku. theskepticexpress.com
Back to Top